Cara Mencairkan Dana Program Indonesia Pintar, Ini Informasinya

Cara Mencairkan Dana Program Indonesia Pintar, Ini Informasinya

TeknologiTerbaru.id- Sudah dari tahun sebelumnya. Pemerintah memberikan dana bantuan program ini  ditujukan kepada siswa SD, SMP, sampai jenjang SMA. PIP merupakan salah satu jenis bantuan tunai untuk bidang pendidikan, khususnya bagi anak sekolah yang berusia 6 sampai dengan 21 tahun. Untuk menjadi pendukung cara mencairkan dana Program Indonesia Pintar yakni memiliki keterbatasan ekonomi, berasal dari golongan keluarga miskin dan rentan miskin.

Termasuk yang memiliki KKS atau Kartu Keluarga Sejahtera , termasuk dalam anggota Program Keluarga Harapan, korban bencana alam/musibah, penyandang disabilitas hingga yatim piatu. Penyaluran bantuan tersebut melalui Kartu Indonesia Pintar.

Cara Mencairkan Dana Program Indonesia Pintar

Menilik dari jendela.kemdikbud.go.id, proses pengambilan atau pencairan dana PIP bisa dilakukan pemegang kartu membawa bukti pendukung yang resmi ke bank terdekat. Pengambilan juga bisa dilakukan perorangan secara langsung maupun bersama-sama.

Khusus untuk pengambilan dana PIP secara bersama-sama bisa dilakukan jika wilayah sulit untuk mengakses bank penyalur. Kriteria wilayah yang sulit diantaranya tidak adanya bank di kecamatan atau biaya untuk transpor lebih besar daripada bantuan yang diterima.

Pengambilan secara bersama-sama juga dapat diwakilkan kepada kepala sekolah/ketua lembaga/bendahara sekolah/bendahara lembaga. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk mencairkan dana PIP.

  •  Cara mencairkan dana Program Indonesia Pintar melalui bank, diantaranya meliputi Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Nasional Indonesia (BNI).
  •  Untuk Pemegang KIP siswa SD/SMP/SMK/Paket A/Paket B/ dan kursus dapat mengambil dana bantuan PIP di BRI.
  •  Sementara untuk pemegang KIP jenjang SMA/Paket C bisa mencairkannya di BNI.
  •  Bagi pemegang KIP siswa SD/ SMP harus dengan pendampingan dari orangtua/wali/ maupun guru saat pada pengambilan dana tersebut.
  •  Pemegang KIP  bisa melakukan pembukaan rekening jika akan menggunakan tabungan, dilanjutkan menandatangani bukti penerimaan dana dan juga menerima dana PIP.
  •  Kemudian, setelah menerima dana bantuan, bisa digunakan untuk pembiayaan sekolah ataupun membeli perlengkapan sekolah.

Sasaran Utama Penerima Bantuan PIP

  •  Siswa yang memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar)
  •  Bagi siswa berasal dari keluarga miskin/rentan miskin yang sudah dipertimbangkan secara khusus
  •  Untuk siswa SMK menempuh pembelajaran keahlian dalam Perikanan, bidang Pertanian, Pelayaran, Peternakan, Kehutanan, serta bidang Kemaritiman.

Besar Bantuan Setiap Jenjang

  •  Untuk siswa Paket A/SD/MI mendapatkan bantuan Rp 450 ribu setiap tahun
  •  Selanjutnya untuk siswa Paket B/SMP atau MTs mendapatkan bantuan Rp 750 ribu per tahun
  •  Terakhir untuk siswa SMA/SMK/MA/paket C mendapatkan bantuan Rp 1 juta per tahun

Cara Mengecek Penerima PIP dengan situs pip.kemdikbud.go.id

Sebelumnya, lakukan cek penerima sebelum melakukan cara mencairkan dana program indonesia pintar. Berikut diantaranya:

  •  Akses laman pip.kemdikbud.go.id dan log in ke situd tersebut
  •  Masukkan nomor data NISN, tanggal lahir, serta nama ibu kandung
  •  Klik cek data

Berikut Cara Mendaftar KIP (Kartu Indonesia Pintar)

Bagi siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu tetapi belum memiliki KIP. Dibawah ini tahapan untuk mendapatkan KIP, supaya cara mencairkan dana Program Indonesia Pintar dapat terealisasikan.

  •  Masih dengan situs yang sama, siswa bisa mendaftar dengan membawa KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) milik orang tuanya ke lembaga pendidikan/ sekolah.
  •  Jika tidak memiliki KKS, orang tua dapat memintakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW/ dan juga Kelurahan/Desa setempat, supaya bisa melengkapi syarat pendaftaran.
  •  Bagi penerima bantuan PIP, wajib menjaga dan menyimpan KIP dengan baik.
  •  Apabila terjadi kerusakan ataupun kehilangan pada KIP, pemilik kartu harus segera menghubungi kontak pengaduan PIP yang sudah tersedia.
  •  Untuk siswa yang melakukan pergantian kartu dengan yang baru, pemilik harus menginformasikan berapa nomor KIP yang dimiliki serta identitas diri.

Program ini merupakan program kerja sama antara Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

KIP atau Kartu Indonesia Pintar, memberikan jaminan dan juga kepastian anak-anak usia sekolah yang terdaftar sebagai penerima dari bantuan pendidikan. Program ini merupakan pelengkap dari program BSM (Bantuan Siswa Miskin).

PIP bertujuan untuk membantu anak-anak usia sekolah yang berasal dari keterbatasan ekonomi. Supaya tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, bagi jalur formal maupun non formal.

Dengan demikian, bagi anda sebagai penerima bantuan PIP. Kini anda telah mengetahui cara mencairkan dana Program Indonesia Pintar, dan informasi-informasi penting lainnya yang berkaitan dengan bantuan tersebut.

 

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

    Apakah dana PIP bisa hangus
  • apakah uang pip bisa hangus
  • atm kip bri
  • Dana pip yg blum diambil hangus apa tidak