5 Inbound Marketing Sebagai Strategi Digital Yang Ampuh Dalam Bisnis

Inbound Marketing

Pemasaran adalah salah satu kegiatan yang pasti akan dilakukan oleh setiap pengusaha untuk menyukseskan usahanya. Ada banyak jenis pemasaran sendiri, salah satunya dapat dipilih, salah satunya adalah pemasaran inbound berbasis digital.

Pemasaran inbound yang mengandalkan konten sebagai elemen utamanya memang dirasakan lebih efektif dalam mencapai target pasar. Ini karena strategi pemasaran ini dapat dijalankan dengan modal atau biaya yang terjangkau dan hasil yang dapat mengikat konsumen lebih lama.

Untuk menjalankan pemasaran inbound Anda sendiri, ada beberapa metode untuk dipilih. Berikut ulasannya.


√ 1. Blogging

Blogging

Metode atau jenis pemasaran inbound pertama yang dapat Anda jalankan adalah blogging. Aktivitas mengelola blog ini memang akan membuat Anda mampu menarik banyak orang atau pengunjung. Tetapi untuk dapat menarik banyak orang mengunjungi blog maka Anda harus membuat konten yang berkualitas.

Jenis konten yang harus Anda buat di blog Anda sendiri akan didominasi oleh tulisan. Jadi usahakan untuk membuat tulisan asli dan juga bermanfaat. Jika Anda bisa menyajikan konten yang menarik dan bermanfaat, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan banyak kunjungan.

Ketika banyak pengunjung datang, tentu saja ini akan membuat Anda lebih mungkin mendapatkan konversi dan pembelian. Tetapi untuk dapat membuat traffic selalu tinggi ke blog atau situs web, maka Anda harus memposting konten secara teratur.

Untuk menyajikan blog Anda sendiri, Anda dapat membuat halaman terpisah di toko atau situs web bisnis Anda. Setelah halaman blog dibuat maka segera untuk mengisinya dengan konten yang menarik dan berkualitas.


√ 2. SEO

SEO

Jenis atau metode kedua pemasaran inbound yang dapat Anda lakukan adalah SEO (Search Engine Optimization). SEO ini memang akan membantu Anda mendapatkan banyak lalu lintas di platform bisnis Anda. Alasannya, SEO akan dapat menempatkan platform bisnis Anda di peringkat teratas pada mesin pencari (search engine) seperti Google.

Ketika platform bisnis Anda berada di atas mesin pencari, maka Anda akan lebih mudah untuk menarik pengunjung. Untuk mengimplementasikan SEO sendiri ada beberapa langkah yang perlu dilakukan sesuai dengan varian konten yang akan dioptimalkan.

Seolah-olah Anda melakukan SEO pada konten artikel, maka Anda harus dapat memasukkan sejumlah kata kunci (keyword) yang tepat untuk disajikan secara tertulis. Tentu saja bukan hanya menulis konten atau artikel yang dapat Anda optimalkan dengan SEO. Tetapi Anda juga dapat mengoptimalkan konten video atau gambar dengan SEO.


√ 3. Landing page

Landing page

Selanjutnya, jenis pemasaran masuk yang dapat Anda terapkan sebagai strategi pemasaran bisnis adalah landing page. Sesuai namanya, halaman pendaratan adalah halaman pendaratan pertama di situs web atau platform Anda yang akan dilihat pengunjung.

Biasanya halaman pendaratan ini ada di halaman utama atau rumah situs web atau platform. Ya, karena ini adalah halaman pertama yang dilihat pengunjung, landing page ini harus dibuat sebaik mungkin. Tidak hanya dari penampilan, tetapi Anda juga harus membuat tulisan yang mampu menarik pengunjung untuk kemudian melakukan konversi dalam bentuk pembelian atau pelanggan.

Biasanya penulisan diperlukan untuk membuat pengunjung mengambil tindakan konsep copywriting. Jangan lupa juga menghadirkan kenyamanan pengunjung nantinya ketika akan melakukan aksi di halaman ini.


√ 4. Media Sosial

Media sosial

Saat ini media sosial telah menjadi sesuatu di masyarakat yang sangat fenomenal. Dengan media sosial yang begitu fenomenal tentu akan merugikan Anda jika Anda melewatkannya. Sehubungan dengan strategi pemasaran inbound ini, media sosial harus menjadi pilihan Anda.

Meskipun Anda harus menghabiskan waktu mengelola media sosial, untuk membuat Anda lebih dekat dengan target pasar Anda, metode ini akan sangat efektif.


√ 5. Email Marketing

Email marketing

metode dan jenis pemasaran inbound yang dapat Anda jalankan adalah email. Meskipun ini adalah media konvensional, email ini tetap memiliki tempat di hati orang-orang. Untuk menjalankan metode ini, Anda harus terlebih dahulu bisa mendapatkan basis data alamat email dari target pasar Anda.

Basis data ini akan lebih baik jika Anda mendapatkannya dari pengunjung situs web yang berlangganan. Saat mengirim email ini, Anda juga harus bisa memastikan kualitas dan penulisan profesional.

Nan Monuri

About the Author: Nan Monuri

Hobi membaca dan menulis seputar topik-topik di bidang teknologi membuatnya lihai dalam mengatur serta menentukan konten apa saja yang layak untuk tayang di website

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *