6 Cara Membuka Toko Online di Bukalapak Yang Benar

cara membuka toko online di bukalapak

Salah satu marketplace populer di negara ini adalah Bukalapak. Marketplace Achmad Zaki memang disorot karena mampu menarik banyak konsumen. Marketplace yang diluncurkan pada 10 Januari 2010 memang telah menarik banyak orang. Selain meningkatnya jumlah transaksi, respons besar terhadap pasar ini juga dapat dilihat dari meningkatnya jumlah pelaku bisnis yang bergabung.

Sekarang jika Anda salah satu pebisnis yang tergabung dalam Bukalapak, maka ada beberapa hal yang perlu dicermati agar kesuksesan bisa tercapai.

© Berikut Cara Membuka Toko Online di Bukalapak


√ 1. Tampilkan foto asli yang berbeda dari yang lain

Kiat pertama untuk berhasil membuka toko dan berjualan di Bukalapak adalah dengan menggunakan foto yang berbeda. Foto memang dapat mencerminkan kredibilitas toko. Foto yang bagus untuk ditampilkan di Bukalapak sendiri adalah foto asli yang Anda ambil sendiri.

Dengan menampilkan foto-foto produk asli, selain membuat perbedaan dengan toko lain, Anda juga bisa mendapatkan kredibilitas yang baik di mata konsumen. Alasannya, konsumen sangat suka toko dengan produk yang memiliki gambar sendiri.


√ 2. Selalu Rajin Membuka Toko

Penjual yang sukses adalah mereka yang rajin membuka toko. Ini berlaku dalam penjualan konvensional atau online, termasuk di Bukalapak. Karena status toko Anda selalu terlihat, konsumen akan lebih menyukainya. Mereka atau konsumen ini menganggap bahwa Anda adalah orang yang serius melakukan bisnis dan penjualan.

Dari sini mereka akan yakin untuk membeli di toko Anda karena mereka merasa mereka akan segera mendapat respons. Sebaliknya, jika Anda malas melihat dan membuka toko yang Anda buat di Bukalapak, maka ini akan membuat konsumen malas berbelanja karena mereka khawatir mereka tidak dilayani dengan cepat.


√ 3. Balas Pesan dan Diskusi Produk Segera

Selanjutnya, tips untuk sukses berjualan di Bukalapak adalah dengan rajin dan cepat membalas pesan dan diskusi yang muncul. Setiap konsumen tentu ingin selalu mendapat respons cepat terhadap berbagai hal yang disampaikan kepada penjual, baik dalam bisnis offline maupun online. Sebab, jika konsumen menemukan respons yang lambat, mereka akan menjadi malas berbelanja.

Karena itu Anda yang membuka toko di Bukalapak, usahakan untuk selalu responsif terhadap respons dalam bentuk pesan di Inobox atau keluhan yang disampaikan dalam fitur diskusi. Tanggapi apa yang dikatakan konsumen secepat mungkin sehingga mereka yakin akan membeli produk Anda.


√ 4. Hindari kata-kata No Return, No Cancel, No Complain

Di Bukalapak kita sering menemukan kata-kata Tidak ada pengembalian, Tidak Batalkan dan Tidak Ada Keluhan di bagian deskripsi. Kata-kata ini tampaknya memang efektif untuk membuat Anda dapat menjual produk tanpa keluhan konsumen. Padahal, kata-kata ini bisa membuat konsumen merasa tertekan hingga malas berbelanja.

Sebagai pengusaha yang bijaksana dan profesional, Anda tidak perlu takut dengan keluhan konsumen dan kemudian menyajikan 3 kata TIDAK sebelumnya. Terutama jika Anda percaya pada kualitas produk yang Anda jual, maka Anda tidak perlu khawatir tentang keluhan atau keluhan pembeli.

membuka toko online gratis


 5. Aktifkan Pemberitahuan Email

Jika Anda memiliki kegiatan lain yang membuat Anda tidak punya banyak waktu untuk selalu online di Bukalapak, maka Anda harus mengaktifkan pemberitahuan email. Dengan mengaktifkan notifikasi email dari Bukalapak Anda akan dapat memperoleh notifikasi cepat melalui email ketika ada pesanan atau obrolan dari konsumen.

Dari sini Anda akan dapat memproses pesanan dan membalas obrolan dari pembeli sehingga kredibilitas toko Anda di Bukalapak dapat dipertahankan.


√ 6. Jangan Perang Harga

tips tentang bagaimana cara sukses membuka toko dan menjual di Bukalapak adalah dengan tidak melawan harga. Perang harga memang strategi yang salah. Karena bagaimanapun keadaannya, membanting harga akan membuat bisnis Anda sulit berkembang. Di Bukalapak di mana konsumen dapat dengan mudah membandingkan harga antar toko, beberapa penjual kemudian merasa mereka harus menurunkan harga mereka.

Meskipun cara membanting harga ini memiliki peluang untuk mendapatkan pembeli, tetapi untuk jangka panjang strategi ini merupakan kesalahan besar.

Ning Adinia

About the Author: Ning Adinia

Bekerja sebagai programmer di sebuah perusahaan IT pun punya hobi mengutak-atik hardware dan software yang membuatnya tak asing dengan tema utama website.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *