Nan Monuri Hobi membaca dan menulis seputar topik-topik di bidang teknologi membuatnya lihai dalam mengatur serta menentukan konten apa saja yang layak untuk tayang di website

Apa Itu SEO On Page Dalam Website?

2 min read

Strategi SEO semakin banyak digunakan saat ini karena mereka dapat meningkatkan pengunjung di situs web bisnis Anda. Semakin banyak pengunjung ke situs web, kesadaran merek dan arahan juga dapat diperoleh.

Inilah yang membuat orang-orang bisnis sadar bahwa SEO dapat membawa bisnis ke tingkat berikutnya.

Dalam strategi SEO, ada banyak komponen yang harus dilakukan, salah satunya adalah SEO On Page. Mungkin banyak yang tidak tahu apa itu memahami SEO On Page itu sendiri.

Meskipun dalam menerapkan SEO di situs web, pengerjaan SEO On Page sangat penting karena ada banyak hal yang harus diperhatikan.

Sebenarnya apa sih arti SEO On Page? Jadi apa yang harus dilakukan dalam SEO On Page untuk meningkatkan pengunjung ke situs web? Bagi yang penasaran atau baru mengenal SEO On Page, lihat penjelasan di bawah ini.

A. Definisi On Page SEO


SEO On Page adalah upaya untuk mengoptimalkan on page alias bagian-bagian dari situs web yang paling banyak dilihat oleh pengunjung situs web.

Jika Anda masuk ke suatu situs web dan melihat isinya tidak menarik, maka Anda tentu tidak ingin berlama-lama menelusuri situs web. Itulah yang ingin Anda hindari dengan melakukan pekerjaan SEO On Page.

SEO On Page memiliki empat tujuan yang dapat bermanfaat bagi pengunjung situs web, dapat memudahkan pengunjung untuk menjelajah, pengunjung dapat merasa nyaman menjelajahinya, dan mesin pencari dapat memahami struktur situs web.

Dengan banyaknya manfaat SEO On Page, perlu perhatian khusus untuk melakukannya.

B. Poin Penting SEO On Page


Untuk mengenal lebih jauh tentang SEO On Page, Anda harus mengetahui poin utama yang harus dilakukan.

Ada 10 poin yang harus dikerjakan dan semuanya memiliki peran penting yang sama untuk mendapatkan semua manfaat yang tercantum di atas.


√ 1. Konten

Konten menjadi bagian yang sangat penting dari keberadaan situs web. Jika tidak ada konten, maka tidak ada yang akan dibaca di situs web.

Untuk alasan ini, Anda harus membuat konten berkualitas. Dalam hal copywriting ke artikel yang digunakan, semuanya harus dilakukan dengan pengerjaan yang tepat.

Ambil konten yang diinginkan oleh komunitas, bisa memberikan solusi, dan gaya penulisan yang pasti bagus juga.

Selain itu, jangan melakukan plagiarisme juga karena dapat dideteksi oleh Google, sehingga memperburuk peringkat situs web Anda di Google.


√ 2. Kata Kunci

Strategi SEO tidak akan berfungsi tanpa kata kunci atau kata kunci. Dalam membuat konten, tentu saja harus berdasarkan kata kunci yang sedang dicari oleh banyak orang.

Dengan begitu, kontennya juga bisa mendapat banyak pembaca. Jangan lupa untuk memasukkan kata kunci dalam deskripsi meta, judul dan URL sehingga Anda bisa mendapatkan optimasi yang lebih baik.


√ 3. Judul

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, judul harus mengandung kata kunci.

Tetapi jangan lupa untuk membuat judul yang menarik dan menjualnya sehingga lebih banyak orang ingin mengklik tautan situs web Anda.


√ 4. URL

Membuat URL untuk konten harus menggunakan serangkaian kata sederhana.

URL juga harus dapat menggambarkan konten konten. Jika Anda bisa, jangan lupa memasukkan kata kunci untuk membuatnya lebih baik.


√ 5. Deskripsi Meta

Deskripsi meta harus diisi dengan kata kunci. Selain itu, gunakan kata-kata yang efektif dan dapat menggambarkan konten.

Semakin banyak yang dapat menarik perhatian orang, semakin baik karena biasanya, sebelum mengklik tautan situs web, kebanyakan orang memilih untuk membaca deskripsi meta terlebih dahulu.


√ 6. Media Gambar

Gunakan gambar yang berkualitas tinggi, tidak pecah, dan bisa menjelaskan isi konten.

Jangan lupa untuk memasukkan teks alt yang berisi kata kunci sehingga gambar juga dapat dioptimalkan.


√ 7. Tautan Eksternal

Tautan keluar menyediakan tautan dari situs web yang ditempatkan di dalam konten.

Situs web juga harus tepercaya sehingga konten yang ada dipandang sebagai konten yang juga dapat dipercaya.


√ 8. Tautan Internal

Selain tautan keluar, Anda juga perlu menambahkan tautan internal yang dapat memudahkan navigasi.

Pengunjung juga dapat lebih mudah menemukan konten terkait lainnya.


√ 9. Social Sharing

Penggunaan media sosial semakin penting saat ini. Inilah yang harus Anda lakukan dengan konten di situs web.

Permudah pengunjung untuk dapat membagikan konten ke media sosial mereka.

Selain itu jangan lupa juga membagikan konten di media sosial bisnis Anda sehingga lebih banyak orang dapat melihatnya.


√ 10. Kecepatan Situs Web

Tentunya semua orang membenci situs web yang lambat saat memindahkan halaman. Jangan sampai situs web Anda seperti itu karena alih-alih mendapat banyak pengunjung, malah ada orang yang malas berlama-lama di situs web Anda.

Ada beberapa faktor yang menentukan kecepatan situs web, seperti ukuran halaman yang terlalu besar, kualitas hosting yang digunakan, hingga jumlah file .js dan .css di <head>.

Nan Monuri
Nan Monuri Hobi membaca dan menulis seputar topik-topik di bidang teknologi membuatnya lihai dalam mengatur serta menentukan konten apa saja yang layak untuk tayang di website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *